Kebakaran Hutan Di Indonesia



Musim kemarau merupakan musim yang sangat memilukan bagi masyarakat indonesia, ya ketika musim kemarau inilah sangat sering terjadi kebakaran hutan di indonesia. ketika musim kemarau tiba, maka banyak sekali berita yang membahas akan masalah kebakaran hutan yang ada di Negara kita ini. hutan yang terbakar ini pun bukan banyak menjadi sekdar berita memilukan saja, akan tetapi dampak yang akan terjadi dari kebakaran hutan ini pun banyak dan berkepanjangan. Hutan yang terbakar ini akan membuat polusi udara yang sudah tidak baik ini pun akan semakin buruk dan menyebabkan beberapa penyakit. Selain itu juga kebakaran hutan yang terus menerus akan menyebabkan kekeringan yang berkepanjangan.

Dampak dari kebakaran hutan Indonesia yang semakin sering terjadi ini pun akan berkelanjutan hingga musim hujan berikutnya. Ya ketika musim hujan, kebakaran hutan di indonesia yang telah terjadi di musim kemarau kemarin akan memberikan dampak yang berbahaya dan merugikan juga. Hutan yang sudah terbakar ini tentunya sudah tidak dapat berfungsi lagi sebagai penyeimbang alam, sehingga ketika musim hujan, sering terjadi yang namanya tanah longsor dan juga banjir. Hal ini terjadi karena hutan yang sudah terbakar akan kehilangan fungsinya untuk dapat menahan volume air yang mengakibatkan longsor dan juga banjir. Selain itu, pada saat musim kemarau berikutnya, kakeringan akan melanda karena volume air tidak ada yang menampung lagi.

Banyaknya dampak dan kerugian yang sangat panjang ini dari kebakaran hutan di indonesia, seharusnya menajdi perhatian kita semua untuk bersama-sama mencari jalan keluar dan juga solusi yang baik untuk mengatasi masalah ini. kita pun harus sadar betapa pentinganya hutan dan juga lahan hijau untuk keseimbangan alam kita ini, sehingga tidak akan membuat dampak dan juga kerugian besar yang akan terjadi. Memperbaiki alam yang sudah rusak dan menjaganya kembali agar pulih adalah cara ytang sangat tepat yang harus kita kerjakan bersama-sama untuk membuat alam indonesia kita ini menjadi asri, aman, nyaman dan bebas dari bencana alam yang merugikan dan juga mengerikan. 

Previous
Next Post »