Cara terhindar dari Dampak kebakaran Hutan di Indonesia


Dampak kebakaran hutan di Indonesia, sebenarnya dapat di atasi. Jika, kita dapat mengatasi hal tersebut tentu akan mudah terhindar dari kebakaran hutan yang terjadi.  Pembakaran merupakan salah satu cara yang cukup mudah  bagi petani kecil dan perusahaan besar untuk dapat  membersihkan lahan baru. Biasanya mereka mulai membersihkan lahan baru  untuk pertanian seperti sawit.  Saat ini, pembukanaan lahan baru seperti membakar hutan bertujuan untuk membuka petak kecil hutan tanaman dan ternak bagi pengusaha. Kebakaran hutan akan mengakibatkan beberapa dampak yang cukup buruk, seperti  kabut asap. Kabut asap yang timbul akibat terjadi nya kebakaran hutan akan membuat manusia atau satwa menjadi sesak nafas atau sakit pada pernafasan. Hal tersebut tentu akan meningkatkan  penderita infeksi saluran nafas dan kanker paru-paru yang biasanya terjadi pada usia lanjuta atau anak – anak. selain itu, dampak kebakaran hutan juga akan membuat api menjalar keseluruh hutan, dan tentu nya akan memusnahkan  benda sekitarnya misalnya rumah penduduk yang tinggal di sekitar hutan.  

Berikut Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya kebakaran hutan di Indonesia adalah:

  1. Dapat memantau keadaan sekitar atau mengetahui tanda – tanda kebakaran.
  2. Dapat memuat  peta tentang daerah yang rawan terjadinya kebakaran. Dengan begitu, sebelum terjadi kebakaran, anda dapat mencegah nya. 
  3. Tidak membuang putung rokok secara sembarangan.
  4. Mematikan api apabila setelah melakukan kegiatan kemah.
  5. Dapat memberikan penyuluhan tentang pentingnya hutan yang merupakan kekayaan alam yang ada di Indonesia.
  6. Dapat melarang pembukaan lahan dengan cara membakar hutan. Membakar hutan untuk membuka lahan baru justru akan merusak hutan.

Itulah beberapa cara yang dapat di lakukan agar terhindar dari kebakaran hutan. Jika kita dapat melakukan hal tersebut, tentu akan membuat hutan kita menjadi lebih terjaga dan tidak akan punah. Dengan begitu, kebakaran hutan tidak akan terjadi setiap tahun nya. Dengan begitu, kita tidak akan mendapatkan dampak kebakaran hutan di Indonesia yang sangat buruk untuk mahluk hidup dan lingkungan sekitar. 

Previous
Next Post »