Selat Solo khas Kota Jokowi


Ketika Anda mengakses website kuliner dan mencari tahu tentang masakan khas Solo, Anda pasti akan mudah menemukan Selat Solo sebagai salah satu sajian khas kota asal Bapak Jokowi.

Apa yang membedakan Selat Solo dengan Bistik aslinya yang biasa disajikan di restoran masakan Barat? Selat Solo adalah bistik (steak daging) yang dicampur dengan berbagai sayuran yang sudah disesuaikan dengan lidah Orang Jawa. Kalau Anda senang mengikuti beberapa website kuliner Indonesia ataupun website marketplace yang menjual bahan makanan seperti contoh jika Anda Belanja di Elevania Anda bisa dapat Voucher 1 Juta, ada banyak restoran di kota-kota besar di Indonesia yang menyediakan Selat Solo sebagai salah satu menu andalannya.

Di Kota Solo sendiri, warung Selat Solo yang paling terkenal adalah Warung Selat Mbak Lies. Warung Mbak Lies berlokasi di Serengan Gang II/42, tepat berada di tengah Kota Solo. Selat Solo racikan Mbak Lies mengacu pada standar penyajian Selat yaitu terdiri dari buncis, irisan tomat, kentang, daun selada, dan timun segar, yang melengkapi daging sapi dan telur. Ciri khasnya adalah peracikannya yang dilakukan dalam jumlah sedikit namun dilakukan setiap jam, sehingga kesegaran dan kualitas bahan baku Selat Solo Mbak Lies selalu terjaga.

Baca juga Tips Mengolah Tauge

Namun bagi Anda yang tinggal di Jabodetabek dan tidak punya waktu untuk berwisata ke Solo, jangan khawatir, karena di Jabodetabek ada Restoran Dapur Solo Nyonya Swan yang membuka tiga cabang di Melawai, Sunter, dan Serpong (Tangerang). Selat Solo di restoran ini disajikan dengan empal dan telur rebus yang dikelilingi acar timun, kentang, kerupuk Solo, dan sayur-sayuran yang ditambahkan mustard racikan khas restoran yang dikelola Karina Rosalin. 

Previous
Next Post »