Mengenal Sumber Karbohidrat Alternatif

Mengenal Sumber Karbohidrat Alternatif

Setiap orang yang ingin berdiet semestinya memperhatikan dan mengelola makanan diet yang dikonsumsinya, termasuk makanan sumber karbohidrat yaitu nasi putih. Tetapi tidak semua orang tahu bahwa nasi putih adalah makanan yang sebaiknya dikurangi jika seseorang melakukan diet. 

Mengapa demikian? Alasannya cukup sederhana, karena nasi putih mengandung indeks glikemik atau glycemic index (GI) yang tinggi sehingga menaikkan kadar gula dalam darah. Nilai GI pada nasi putih mencapai 88-89, padahal kadar normal GI adalah dibawah 70, dan makanan yang ideal untuk diet adalah makanan dengan kadar GI dibawah 55 (rendah).

Ada beberapa makanan diet sumber karbohidrat yang dapat menjadi pengganti nasi putih. Pertama, jagung. Bisa menjadi pengganti nasi yang baik, karena memiliki kadar GI yang tergolong rendah yaitu senilai 55-60. Jagung juga kaya akan fruktosa, kalori, mineral, serat, dan zat antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit. Kedua, kentang rebus. 

Baca juga Tips Agar Anak suka Makan Ikan

Dibandingkan nasi, kentang memiliki variasi zat gizi lebih banyak, lebih kaya vitamin, dan memiliki kadar serat yang cukup tinggi. Ketiga, pasta. Makanan berbahan dasar gandum ini memiliki kadar GI yang sangat rendah, mengandung asam folat yang tinggi, rendah lemak, dan kadar glukosanya lebih rendah dibandingkan nasi dan roti gandum/susu. Keempat, Singkong, karena kadar GI-nya yang dibawah 55, didukung dengan kadar serat yang tinggi, menjadikan singkong berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida pada tubuh.

Previous
Next Post »