Cara penanggulangan pencemaran air

Cara penanggulangan pencemaran air

Air yang merupakan sumber daya yang tak ada habisnya ini sudah semestinya dimuliakan dan dijaga kebersihannya. Karena air merupakan salah satu hal yang paling penting dalam kelangsungan hidup manusia. Sumber daya alam yang satu ini benar – benar asli dan alami hadir untuk makhluk hidup di dunia ini dan jga tidak dapat diperbaharui. Tidak hanya manusia yang butuh air. Hewan dan tumbuhan juga sangat membutuhkan air. Lalu bayakangkan bagaimana jika air yang ada tersebut tercemar dan tak tidak sesuai dengan kriteria air bersih ? bagaimana kelangsungan hidup makhlum hidup di dunia ini ?? kita harus menemukan cara penanggulanan pencemaran air ini.


Semua makhluk hidup tentunya sangat menyukai air yang ada di daerahnya dan selalu menginginkan air tersebut dalam kondisi yang bersih dan bebas dari polutan. Namun pada kenyataannya keinginan tersebut tidak diikuti dengan adanya kesadaran yang baik untuk membangun lingkungan yang sehat terutama dalam hal pencemaran air.


Banyak sekali sebenarnya penyebab dari tercemarnya air di dunia ini. bisa dari limbah rumah tangga dan juga limbah dari industri. Pemakain detergen yang berlebihan juga akan mencemarkan air di dunia ini. selain itu juga banyaknya industri – industri yang tidak bertanggung jawab tentang lingkungan sekitarnya juga berdampak pada pencemaran air. Maka dari itu anda sebagai orang yang sangat menyayagi diri anda sendiri dan juga dunia harus mengarahkan dan membimbing masyarakat untuk menjaga kesehatan air di lingkungan mereka.

  1. Banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai usaha untuk menanggulangi pencemaran air. Antara lain :Tidak membuang sampah ke sungai. hal ini bisa dibantu dengan fasilitas yang diberikan pemerintah dengan memberikan tong sampah gratis untuk masyarakat. Namun dari pemerintah sendiri ternyata cukup menghemat kantongnya dan tidak memberikan tempat sampah untukmasyarakatnya. Sehingga banyak sampah – sampah bertumpukan dan juga banyak yang membuang sampah kesungai.
  2. Menjaga kelangsungan ketersediaan air dengan tidak merusak dan mengeksploitasi sumber mata air agar tidak tercemar.
Itulah cara penanggulanan pencemaran air yang mudah dilakukan.selamatkanlah apa yang sudah seharunya menjadi kebutuhan hidup kita. Jaga air agar air tetap sesuai dengan kriteria air bersih yang bisa digunakan untuk kebutuhan hidup. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »